Program Pengalaman Lapangan (PPL) S-1 Penkepor Upaya Mempertegas Jati Diri Lulusan

Edisi : Vol. 4, No. 1, April 2009
Oleh : I Made Sri Undy Mahardika ( FIK-UNESA )

Abstraksi :

Penelitian literature ini mengkaji tentang model Program PPL bagi mahasiswa S-1 Penkepor sesuai dengan kompetensi yang didesain dalam kurikulum. Literatur utama yang dikaji: Buku Pedoman Unesa Tahun 2004, 2005, 2006,  2007, ditambah literatur pendukung terutama Kepmendiknas  Nomor 045/U/2002 tentang  Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi dan  Kepmendiknas Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa rancangan dan pelaksanaan PPL Prodi S-1 Penkepor perlu dilakukan secara khusus mengingat tugas pokok dan fungsinya di sekolah. Kegiatan PPL mahasiswa harus merupakan implementasi dari: 1) kompetensi utama sebagai pelatih berbagai Cabor di sekolah, yang diperuntukkan bagi peserta didik yang teridentifikasi berbakat di cabang olahraga  tertentu. Peserta didik ini dilatih dengan baik untuk menjadi atlet berprestasi yang akan membawa nama baik sekolah diajang pertandingan antar sekolah, Popsi, Popda, Kejurnas dan kejuaraan lainnya, 2) Sedangkan pelaksanaan kompetensi pendukungnya sebagai guru Penjaskes dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran Penjasorkes untuk semua peserta didik, dan pelaksanaan ekstra kurikuler untuk anak-anak yang berminat di Cabor tertentu.

Keyword: PPL, Mahasiswa

Download:
Abstraksi: [ pdf ] [ doc ] [ ps ]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: