Kontribusi Daya Ledak (Power) Otot Tungkai pada Kemampuan Menendang Bola Ke Sasaran

Edisi : Vol. 4, No. 1, April 2009
Oleh : Achmad Widodo ( FIK-UNESA )

Abstraksi :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi antara daya ledak (power) otot tungkai pada kemampuan menendang bola ke sasaran.. Sampel dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola putera usia 18 tahun keatas yang berjumlah 30 orang pemain

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Dimana analisis data menggunakan teknik korelasional untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih, kemudian dicari besar kontribusi masing-masing variabel terhadap kemampuan menendang bola (shooting).

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata daya ledak (power) otot tungkai sebesar 241,87 dengan simpangan baku sebesar 14,01. Adapun hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal, yaitu dengan X2 hitung = 8,848. Sedangkan hasil penelitian tentang kemampuan menendang bola ke sasaran, diperoleh rata-rata sebesar 1,21 dengan simpangan baku sebesar 0.13. Adapun hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal, yaitu dengan X2 = 2,3512

Untuk hasil analisis tentang daya ledak (power) otot tungkai pada kemampuan menendang bola ke sasaran (shooting), perhitungan koefisien korelasinya diperoleh nilai r = -0,27 dan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 7,29%.

Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat kontribusi yang rendah antara daya ledak (power) otot tungkai pada kemampuan menendang bola ke sasaran.

Keyword: Daya ledak, Tendangan

Download:
Abstraksi: [ pdf ] [ doc ] [ ps ]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: